Selamat Datang Di Blog DUNIA SAHABAT BOLA

Kamis, 18 September 2014

Dunia Bola: Info Piala Dunia 2010

                 NEGARA YANG TER-PECAH "JUARA DI AFRIKA SELATAN 2010." 



DUNIA BOLA : Piala Dunia 2010 atau ke-19 digelar di Afrika Selatan. Ini untuk pertama kalinya Piala Dunia dilaksanakan di Afrika.
Putaran final Piala Dunia 2002 diikuti 32 peserta. Perinciannya 13 dari Eropa, 5 dari Amerika Selatan, 6 dari Afrika, 4 dari Asia termasuk Australia yang sudah pindah dari zona Oseania ke Asia, 3 dari zona Amerika Utara/Tengah/Karibia, serta Selandia Baru sebagai wakil dari zona Oseania.
Sebuah kekuatan lama sepak bola bernama Spanyol akhirnya Juara. Negara ini telah menduduki peringkat keempat pada Piala Dunia 1950.
Lalu di era 1960-an mereka juga punya skuat yang salah satunya terkuat sepanjang sejarah negeri Matador. Pada 1990-an juga La Furia Roja mempunyai skuat terbaik di komandan lapangan Raul Gonzalez Blanco. Tetapi kenyataannya Spanyol selama itu tak pernah mencapai puncak tertinggi Piala Dunia.
Tidak ada yang secara pasti menyebutkan apa yang sesungguhnya menjadi titik lemah Timnas Spanyol saat itu. Namun sejumlah suara menyebutkan nasionalisme yang terpecah merupakan salah satu penyebab utamanya.
Ya, secara politik Spanyol memang rapuh, bahkan sampai saat ini. Gerakan separatis Basque—markas Athletic Bilbao—dan Katalunya—basis FC Barcelona dan Espanyol—kerap kali dituding sebagai penyebabnya sehingga penampilan para pemain tidak solid di lapangan.
Separatisme yang mengusik nasionalisme selama beberapa dasawarsa menghalangi Spanyol untuk memuncaki turnamen penting, hingga pelatih Luis Aragones mampu menyatukan kekuatan dan membawa Spanyol menjuarai Euro 2008. Prestasi itu diteruskan oleh Vicente del Bosque selama 5 tahun berikutnya termasuk dengan membawa Spanyol memuncaki Piala Dunia 2010.
Salah satu catatan penting dari tampilnya Spanyol sebagai juara ialah munculnya sepak bola tiki taka yang mirip dengan total football Belanda era 1970-an.
Spanyol menjadi juara dengan menundukkan Belanda dengan skor tipis 1-0 dan mencatatkan diri sebagai juara Piala Dunia dengan mencetak gol paling sedikit yakni hanya delapan gol.
Selain cerita tentang kehebatan Spanyol, Piala Dunia 2010 juga menyisakan kisah ‘tangan Tuhan’ jilid 2. Jika pelaku ‘tangan Tuhan’ edisi pertama adalah Diego Maradona yang mencetak gol dengan tangan pada Piala Dunia 1986, maka ‘tangan Tuhan’ edisi kedua dilakukan oleh penyerang Uruguay Luis Suarez.
Suarez bukan menggunakan tangannya untuk mencetak gol, melainkan untuk mencegah terjadinya gol Ghana ke gawang Uruguay pada detik terakhir perpanjangan waktu di babak perempat final saat skor imbang 1-1.
Suarez pun mendapatkan hukumannya yakni kartu merah dari wasit Portugal Olegario Benquerenca. Ghana pun mendapatkan tendangan penalti. Tapi sejarah mencatat tendangan keras Asamoah Gyan hanya menghantam mistar gawang Uruguay. Skor tetap 1-1 dan pertandingan langsung berakhir.
Mental para pemain Ghana yang telanjur runtuh akibat kegagalan menuai kemenangan yang telah di depan mata itu akhirnya mendorong capaian hasil negatif. Ghana kalah adu penalti dari Uruguay dan gagal menjadi tim Afrika pertama yang masuk semifinal Piala Dunia. 
Pertandingan ini melibatkan 736 pemain yang mewakili 32 tim untuk bersaing memenangkan trofi Piala Dunia dalam berbagai pertandingan yang diadakan di sepuluh stadion di seluruh Afrika Selatan. Tim-tim terpilih diseleksi melalui proses kualifikasi yang dimulai bulan Agustus 2007. Dengan jumlah pendaftar 204 dari 208 tim nasional FIFA, Piala Dunia 2010 bersama Olimpiade Musim Panas 2008 mencetak rekor untuk jumlah negara terbanyak yang bersaing dalam sebuah ajang olahraga. 
Pertandingan dimulai tanggal 11 Juni 2010 dengan penyisihan grup, yaitu 32 tim yang lolos kualifikasi bertanding dalam bentuk grup yang masing-masing terdiri dari empat tim, dan dua tim teratas di setiap grup lolos ke babak selanjutnya. Kemudian, 16 tim masuk ke dalam babak gugur yang dimulai tanggal 26 Juni. Pada babak ini bila pertandingan berakhir seri setelah waktu normal, maka diselesaikan dengan perpanjangan waktu dan bila perlu dengan adu penalti. Akhir dari babak gugur ini adalah Final Piala Dunia yang dijadwalkan pada tanggal 11 Juli di stadion Soccer City di Johannesburg. Turnamen ini akan menjadi Piala Dunia pertama yang diadakan di luar Eropa yang dimenangkan oleh negara Eropa. 

HADIAH : 

Total hadiah yang ditawarkan untuk turnamen ini dibenarkan oleh FIFA yaitu sebesar $420 juta (termasuk pembayaran sebesar $40 juta kepada klub domestik), naik 60 persen daripada Piala Dunia 2006. Sebelum turnamen dimulai, masing-masing dari 32 tim peserta menerima $1 juta untuk biaya persiapan. Setelah masuk turnamen, hadiah ini akan dijabarkan sebagai berikut : 
$ 8   Juta (Setiap TIM yang keluar setelah Babak Penyisihan grup) (16 Tim). 
$ 9   Juta (Setiap TIM yang keluar setelah Babak 16 Besar) (8 Tim). 
$ 14 Juta (Setiap TIM yang keluar setela perempat final) (4 Tim). 
$ 18 Juta (TIM yang menempati posisi ke-empat). 
$ 20 Juta (TIM yang menempati posisi ke-tiga).
$ 24 juta (TIM yang menempati posisi Runner-Up). 
$ 30 Juta (TIM Pemenang) 

TEMPAT PENYELENGARAAN :
Ada 9 Kota dan 10 Stadion di Afrika Selatan yang dipilih untuk Pertandingan dalam Gelaran Piala Dunia 2010 kali ini : 

Johannesburg, Std Soccer City, 84.700 
                       Std Ellis Park, 55.686
Cape Town, Std Cape Town, 64.100 
Durban, Std Moses Mabhida, 62.760 
Pretoria, Std Loftus Versfeld, 42.858
Port Elizabeth, Std Port Elizabeth, 42.486
Polokwane, Std Peter Mokaba, 41.733
Nelspruit, Std Mboombela, 40.929
Bloemfontein, Std Free State, 40.911
Rustenburg, Std Royal Bafokeng, 38.646 

LAGU RESMI PIALA DUNIA 2010 : 

Lagu Resmi Piala Dunia 2010 Afrika Selatan ini adalah berjudul "Waka Waka (This Time for Africa)." yang dinyanyikan oleh Penyanyi Asal Kolombia, SHAKIRA dan Band Freshlyground. Lagu ini dinyanyikan dalam Bahasa Ingris dan Bahasa Spanyol. Lagu ini didasarkan pada Lagu Prajurit Afrika yang bernama Zangalewa.
COCA-COLA yang merupakan yang merupakan Sponsor Resmi Turnamen melakukan Arransemen Lagu Wavin' Flag yang awalnya dinyayikan oleh K'naan. Arransemen tersebut dilakukan dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Spanyol, juga dalam Bahasa Indonesia dengan Judul "Wavin Flag Celebration: Remix." Untuk versi bahasa Indonesia, K'naan Menyanyikan bersama Vokalis Indonesia bernama, Ipang dengan Judul "Semangant Berkibar."

BOLA RESMI : 
Bola resmi yang dipergunakan pada pertandingan Piala Dunia FIFA 2010 adalah Jabulani. Bola ini dibuat oleh Adidas, dan diperkenalkan tepat sebelum pengundian grup Piala Dunia FIFA 2010 pada tanggal 4 Desember 2009Jabulani menurut bahasa Zulu berarti "Merayakan". 


MASKOT : 
Maskot Resmi Piala Dunia adalah ZAKUMI. Zakumi adalah merupakan seekor macan tutul berwarna kuning, dengan rambut "nyentrik" berwarna hijau, mengenakan kaus bertuliskan "South Africa 2010", dan celana pendek berwarna hijau, dan tengah memegang sebuah bola. Zakumi lahir pada 16 Juni 1994, bertepatan dengan Hari Pemuda di Afrika Selatan sehingga akan dirayakan secara global dengan tajuk Piala Dunia FIFA 2010.
Nama Zakumi berasal dari kata "Za", yang merupakan kode dua huruf untuk Afrika Selatan, dan "kumi", sebuah kata yang berarti sepuluh dalam berbagai bahasa Afrika

INFORMASI TURNAMEN : 
Informasi turnamen
Tuan rumah Afrika Selatan
Jadwal
penyelenggaraan
11 Juni–11 Juli 2010
Jumlah
tim peserta
32 (dari 6 konfederasi)
Tempat penyelenggaraan10 (di 9 kota)
Hasil turnamen
Juara Gold medal blank.svg Spanyol
Juara kedua Silver medal blank.svg Belanda
Juara ketiga Bronze medal blank.svg Jerman
Juara keempat Uruguay
Statistik turnamen
Jumlah pertandingan64
Jumlah gol145 (2.27 per pertandingan)
Jumlah penonton3.178.856 (49.670 per pertandingan)
Pemain terbaikBendera Uruguay Diego Forlán
Pencetak gol terbanyak
Bendera Spanyol David Villa
Bendera Uruguay Diego Forlán
Bendera Jerman Thomas Müller

Bendera Belanda Wesley Sneijder
(masing-masing 5 gol)

                      



Tidak ada komentar: